Uncategorized

PUPUK DAUN DAN PUPUK AKAR

Kelebihan Aplikasi Pupuk Daun Dibandingkan Pupuk Akar

 Pupuk daun (foliar fertilizer) adalah istilah bagi pupuk yang cara aplikasinya dilakukan dengan penyemprotan ke bagian daun. Jadi pupuk daun bukan pupuk yang berfungsi menumbuhkan daun, melainkan pupuk atau nutrisi yang diserap melalui daun tanaman oleh jaringan pengangkut makanan yang di sebut ploem.

Berbeda dengan pupuk akar, aplikasi pupuk daun memiliki 3 kelebihan antara lain:

  • Penyerapan unsur hara yang diberikan berlangsung lebih cepat.
  • pupuk daun mencegah kerusakan tanah lebih lanjut serta
  •  memiliki kandungan hara yang lebih lengkap.

Berikut uraiannya

1. Penyerapan unsur hara berlangsung lebih cepat

Oleh karena penyerapan berlangsung cepat maka efeknya terhadap tanaman pun akan lebih cepat kelihatan. Tanaman akan kelihatan cepat tumbuh tunas barunya. Daun sebagaimana kita ketahui adalah dapur tempat memasak unsur hara yang diserap oleh tanaman. Sudah pasti jika pemberian unsur hara langsung ke sasaran, maka proses tranportasinya lebih cepat.Bandingkan jika diaplikasikan lewat akar (pupuk akar), untuk sampai daun, unsur hara tersebut harus melewati akar dan batang terlebih dahulu. Aplikasi pupuk melalui daun ini pada hakikatnya adalah memanfaatkan mekanisme alamiah yang ada pada organ daun itu sendiri. Daun memiliki mulut yang dapat membuka dan menutup yang disebut stomata.

Stomata membuka berdasarkan ada tidaknya tekanan turgor. Tekanan turgor ditentukan banyak atau tidaknya air dalam daun. Pada siang hari saat cuaca panas terik dan angin yang bertiup kencang akan terjadi banyak penguapan. Kondisi ini akan membuat stomata menutup untuk mengurangi penguapan.

Maka dari itu bisa kita katakana bahwa, jika kita menyemprotkan pupuk daun ke tanaman  pada sore harinya, maka tekanan turgor stomata akan naik, sehingga stomata akan terbuka secara otomatis dan menyerap cairan pupuk yang kita semprotkan tadi. Untuk pupuk yang mudah menguap seperti pupuk nitrogen akan menguntungkan jika diaplikasi lewat daun.

Cara kerjanya yang cepat ini membuat masalah kekurangan hara pada tanaman dapat segera teratasi.Saya termasuk yang sangat menyukai aplikasi pupuk melalui daun ini. Cara kerjanya yang cepat ini membuat masalah kekurangan hara pada tanaman dapat segera teratasi.

2. Mencegah kerusakan tanah lebih lanjut

Penggunaan pupuk daun, juga bermanfaat mengurangi kerusakan tanah akibat terus menerus di diberi pupuk akar. Sebagaimana kita ketahui penggunaan pupuk kimia terus-menerus tanpa diimbangi dengan pupuk organik akan membuat tanah menjadi keras, kering, sulit diolah dan tidak gembur lagi.Komposisi pupuk daun yang lengkap, makro dan mikro, memberikan opsi lain yang cukup baik bagi petani.

3. Kandungan unsur haranya lebih lengkap

Tidak seperti pupuk akar semacam Urea, SP36, ZA, ZK, KCl dan lainnya, sebagian besar hanya mengandung unsur makro saja. Sedangkan kebanyakan pupuk daun mengandung unsur yang lengkap (makro dan mikro).Jadi jika anda menemukan tanaman anda kekurangan unsur mikro dan butuh pemulihan cepat, aplikasi pupuk daun menjadi solusi yang tepat..!

Contoh pupuk daun ARROMANG NPK dan ARROMANG PEMBESAR BUAH, selain mengandung nutrisi dari unsur hara makro,makro skunder juga memiliki unsur mikro seperti Cu, Mo, Zn dll.

Contoh pupuk daun Gandasil D (daun), selain itu juga mengandung unsur mikro seperti Cu, Mo, Zn Mn dll.

Nah, itu lah 3 kelebihan aplikasi pupuk daun dibandingkan aplikasi pupuk akar. Untuk teknik dan cara aplikasi pupuk daun yang tepat, insyaallah akan saya posting lain waktu.

Semoga tulisan yang pendek dan singkat ini bermanfaat ya. Jangan lupa share ke teman-teman yang lain..Sekian dan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *